Warga Desa Kepanjen Kontra PAW Datangi Kantor Camat Salurkan Aspirasinya

- Jurnalis

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDIAJEMBER.COM , JEMBER — Puluhan warga desa Kepanjen, kecamatan Gumukmas, Jember mendatangi kantor kecamatan, Rabu (14/06/2023). Maksud kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi menolak (kontra) Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW).

Kehadiran puluhan warga ini ditemui langsung oleh Camat Gumukmas Nino Eka Putra WR,S.STP,M.Si bersama Forpimka Gumukmas, di pendopo kantor kecamatan.

Seorang perwakilan warga, Mukibut selaku menyampaikan bahwa maksud kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi. Warga desa Kepanjen menolak adanya PAW desa Kepanjen dengan beberapa alasan.

“Alasannya yang pertama, selama jabatan Kades dipegang pak Pj Fahrul, desa Kepanjen kondusif, aman, dan tenteram,” ungkapnya.

Mukibut yang juga seorang anggota LPM desa Kepanjen menyampaikan alasan kedua, bahwa penyampaian aspirasi di kantor desa pada hari Senin (12/06/2023) tidak mewakili warga Kepanjen.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1445 H, Kepala Desa Kepanjen Bagikan Ratusan Bingkisan Lebaran

“Penyampaian aspirasi oleh beberapa orang yang menginginkan PAW hari Senin kemarin tidak mewakili warga Kepanjen. Karena koordinator demo adalah tim dari salah satu Calon yang akan maju PAW nantinya.” Jelas Mukibut.

Alasan ketiga, Pemerintah Desa Kepanjen selama dijabat Pj Kades berjalan dengan baik. “Pelayanan masyarakat dan pembangunan berjalan baik,” imbuhnya.

“Kami mohon pak Camat menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak Bupati. Dan tetap menugaskan pak Fahrul sampai masa jabatan kepala desa definitif berakhir.” Tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Roni, mewakili Karang Taruna menyampaikan menolak dilaksanakannya PAW desa Kepanjen. Alasannya kondisi desa saat ini sudah aman dan kondusif.

“Masyarakat desa Kepanjen sudah rukun dan kondusif. Kami takut apabila diadakan PAW, terjadi gesekan beda pendapat di masyarakat. Selain itu saat ini kan pemerintah sedang mempersiapkan Pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga :  Karnaval Tingkat SD/MI di Kecamatan Balung Diikuti Ribuan Pelajar

Seorang perempuan Maghfiroh mengungkapkan bahagia kegembiraan terhadap pemerintahan PJ Kades Kepanjen. Karena Kepanjen semakin baik dan keluarganya mendapat perhatian dari Pj Kades.

“Sejak dijabat pak Fahrul, desa Kepanjen sekarang mulai banyak berbagai kegiatan dibandingkan masa kepala desa sebelumnya. Kami berharap tidak ada PAW, kami ingin Pilkades biasa nanti pada saatnya,” Ujarnya.

Usai acara, Camat Gumukmas Nino Eka Putra WR,S.STP,M.Si kepada media menyampaikan, menampung aspirasi warga desa Kepanjen itu.

“Aspirasi warga kami terima dan selanjutnya akan kami teruskan kepada pimpinan di Kabupaten. Biarlah pimpinan di Kabupaten yang mempertimbangkan dan menentukan,” Katanya.

Terkait adanya pro dan kontra pelaksanaan PAW di desa Kepanjen, Nino mengatakan perbedaan pendapat menyampaikan aspirasi adalah sah. Semua dilindungi Undang-undang, yang penting situasi tetap kondusif.

Baca Juga :  PMI Jember Rutin Distribusikan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

“Berbeda pendapat boleh, yang terpenting situasi tetap kondusif. Kita tidak boleh lepas dari koridor sila ketiga Pancasila persatuan Indonesia, semua harus rukun. Terkait dengan PAW atau tidak itu kita serahkan kepada regulasi yang ada.” Kata Camat Gumukmas Nino.

Untuk itu Forkomka akan selalu melaporkan setiap perkembangan kepada Bapak Bupati melalui Dinas DPMD Kabupaten Jember. Dari DPMD yang akan mempertimbangkan mengenai teknis atau tahapan selanjutnya terkait Kepala Desa, imbuhnya.

“Kami menghimbau kepada RT/RW dan tokoh masyarakat agar selalu menjaga situasi tetap kondusif. Pendapat boleh berbeda tetapi kerukunan itu nomer satu.” Pungkas Camat Gumukmas

Penulis : Heri Santoso

Berita Terkait

Cuaca Membaik, Hasil Tangkapan Nelayan Puger Membludak
Merasa Laporan Tidak Ditindaklanjuti, HNSI Jember dan Nelayan Sekoci Puger Wadul ke Pos AL
Terdampak Banjir Rob, Jembatan di Jalur Lintas Selatan Jember Ambles
Jaga Kebutuhan Pangan Bulan Ramadan, DPC HKTI Jember Gelontorkan 5 Ton Beras Murah
Pemilu 2024 Memakan Korban, Saksi TPS Partai Amanat Nasional di Bondowoso Meninggal Dunia
DPC HNSI Jember Siap Mendukung Program Pemerintah dan Sukseskan Pemilu 2024 Aman dan Damai
Beberapa Area Bondowoso Terjadi Kemacetan Akibat Genangan Air Hujan
SKB Serahkan Bantuan Kepada Korban Rumah Roboh di Desa Karang Semanding
Berita ini 114 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 12:04 WIB

Ujian Tulis Pengisian Kepala Dusun Muneng Desa Mayangan Diikuti 2 Kandidat

Senin, 10 Juni 2024 - 16:14 WIB

216 Kepala Desa di Jember Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Kamis, 6 Juni 2024 - 20:34 WIB

Banyaknya Pejabat Pemkab Jember Dipanggil APH, Dipertanyakan Dewan dalam Sidang Paripurna

Jumat, 31 Mei 2024 - 12:39 WIB

Camat Puger Himbau Kades dan Perangkat Bersikap Netral dalam Pilkada Jember 2024

Selasa, 7 Mei 2024 - 08:31 WIB

Pemdes Kepanjen Lakukan Rapat Koordinasi dan Pembinaan RT/RW

Kamis, 4 April 2024 - 23:17 WIB

Gus Fawaid Ungkap Solusi Atasi Kemiskinan di Jember

Rabu, 3 April 2024 - 11:29 WIB

Pemdes Grenden Bersama HKTI Jember Gelontorkan 10 Ton Beras SPHP

Selasa, 2 April 2024 - 12:13 WIB

Jelang Idul Fitri 1445 H, Kepala Desa Kepanjen Bagikan Ratusan Bingkisan Lebaran

Berita Terbaru

Peristiwa

Cuaca Membaik, Hasil Tangkapan Nelayan Puger Membludak

Sabtu, 15 Jun 2024 - 19:58 WIB