DPC HNSI Jember Siap Mendukung Program Pemerintah dan Sukseskan Pemilu 2024 Aman dan Damai

- Jurnalis

Selasa, 13 Februari 2024 - 18:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Puger, MEDIAJEMBER.COM — DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) siap mendukung program pemerintah  dalam Meningkatkan Nelayan Menuju Indonesia Maritim Dunia.

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPC HNSI Jember, Sikan dalam paparannya dalam dialog Wawasan Kebangsaan bersama nelayan seKabupaten Jember, Selasa (13/02/2024).

“HNSI selaku wadah nelayan satu-satunya di Indonesia, siap mendukung program pemerintah dalam Meningkatkan Nelayan Menuju Indonesia Maritim Dunia.” Katanya.

Usai acara, Sikan menyampaikan bahwa sosialisasi tentang wawasan kebangsaan ini perlu ditumbuh kembangkan supaya masyarakat bisa memelihara rasa cinta tanah air.

“Kegiatan ini merupakan sarana untuk masyarakat, nelayan khususnya untuk mengupgrade pengetahuan dan informasi sehingga nantinya akan terus berkembang.” Lanjut Ketua HNSI Jember, Sikan.

Lebih lanjut, wawasan kebangsaan perlu disampaikan, agar kita (nelayan) lebih mempunyai tanggung jawab moral untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca Juga :  Posko Penanggulangan Bencana PMI Jember Terjunkan Personil Dalam Gerakan Perempesan Pohon

“Karena nelayan ini menjadi penjaga kedaulatan Indonesia di tengah laut, perlu disampaikan kesadaran  wawasan kebangsaan untuk menjaga dan mengelola lautan dengan benar, sehingga Indonesia menjadi poros maritim dunia.” Jelasnya.

Adapun, materi pokok yang disampaikan dalam sosialisasi wawasan kebangsaan adalah bagaimana hudup berbangsa dan bernegara, dan tahu latar belakang sejarah. Sebagai bangsa yang besar tidak boleh  melupakan sejarah untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Untuk itu, wujud wawasan kebangsaan dalam rangka Pemilu 2024 tanggal 14 Pebruari 2024, nelayan diharapkan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Pilihan boleh beda tetapi yang terpenting Pemilu berjalan aman dan damai.”  Ungkap Sikan.

Sikan juga menguraikan, dengan sosialisasi wawasan kebangsaan,  beda pendapat yang terkadang muncul di kalangan nelayan dapat diselesaikan dengan baik. Melalui lembaga HNSI dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Baca Juga :  HUT RI ke-78 SKB Sambangi Istri Veteran

“Segala persoalan dapat diakomodir melalui HNSI, tidak terpecah-pecah. Karena lembaga ini sudah menjadi milik nelayan seluruh Indonesia, bukan hanya di Puger di Jember, tetapi seluruh nelayan sudah satu suara yaitu HNSI.” Tegas Ketua HNSI Jember, Sikan.

Harapannya ketika ada persoalan yang mengganggu nelayan di tengah laut atau di darat, dapat  dipecahkan lewat lembaga. HNSI siap untuk mengawal aspirasi nelayan sampai ke tingkat pusat karena lembaga kita sampai pusat.

“Bahwasanya lembaga HNSI sebagai satu-satunya lembaga yang dipercaya Pemerintah untuk menampung aspirasi nelayan dan membawa aspirasi sampai tingkat pusat.” Ujarnya.

HNSI mempunyai mekanisme untuk pemecahan masalah, imbuh Sikan, yaitu melalui  Forum diskusi grup.  Tahapannya, mengiventarisasi  persoalan,  mengidentifikasi dan mencari solusi.

Baca Juga :  Heboh Video Penampakan UFO di Langit Pasuruan dan Jember

“Sekali lagi HNSI menjadi wadah nelayan satu-satunya, kita akan mencari solusi, dan kemudian kita lanjutkan kepada yang berwenang. Tentunya pihak yang mempunyai kewenangan itulah yang mengambil kebijakan berdasarkan referensi yang telah kita bangun lewat komunikasi nelayan.” Katanya.

Pada akhir wawancara, Ketua HNSI menyampaikan apresiasi  antusias nelayan yang hadir dalam sosialisasi wawasan kebangsaan yang digelar di TPI Puger.

“Apresiasi untuk hadirnya kelompok nelayan dari Puger, Jombang, Kencong,  Gumukmas dan Watu Ulo. Saya tidak menduga lebih 100 orang yang hadir. Terima kasih.” Katanya.

“Melihat antusias yang hadir, saya berharap acara ini ada kelanjutannya, ada acara yang lebih besar lagi untuk mengumpulkan lebih banyak nelayan. Sekali lagi tujuannya untuk mengupgrade pengetahuan  nelayan.” Pungkas Sikan.

Editor : Sam Heri

Berita Terkait

Gudang Penyimpanan Kayu Bekas Milik Pengusaha di Jember Ludes Terbakar
Menyambut HUT ke-78 Hari Bhayangkara, Cak Sofin Tetap Siaga di Simpang Tiga Pejaten Bondowoso.
Cuaca Membaik, Hasil Tangkapan Nelayan Puger Membludak
Merasa Laporan Tidak Ditindaklanjuti, HNSI Jember dan Nelayan Sekoci Puger Wadul ke Pos AL
Terdampak Banjir Rob, Jembatan di Jalur Lintas Selatan Jember Ambles
Jaga Kebutuhan Pangan Bulan Ramadan, DPC HKTI Jember Gelontorkan 5 Ton Beras Murah
Pemilu 2024 Memakan Korban, Saksi TPS Partai Amanat Nasional di Bondowoso Meninggal Dunia
Beberapa Area Bondowoso Terjadi Kemacetan Akibat Genangan Air Hujan
Berita ini 119 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 13:35 WIB

Desa Balung Kidul Siap Gelar PAW di Tahun 2025

Rabu, 3 Juli 2024 - 11:53 WIB

433 warga Desa Jambearum Terima Beras Bansos Cadangan Bantuan Pangan

Jumat, 21 Juni 2024 - 13:11 WIB

Tim Kecamatan Gumukmas Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Kepanjen

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:13 WIB

Kegiatan Monev di Puger Kulon Berlangsung Lancar

Kamis, 20 Juni 2024 - 09:46 WIB

Tim Kecamatan Puger Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Mojomulyo

Jumat, 14 Juni 2024 - 12:04 WIB

Ujian Tulis Pengisian Kepala Dusun Muneng Desa Mayangan Diikuti 2 Kandidat

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:01 WIB

Kepala Desa Kasiyan Timur Serahkan BLT-DD Periode Juni 2024

Senin, 10 Juni 2024 - 16:14 WIB

216 Kepala Desa di Jember Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Berita Terbaru

Daerah

Desa Balung Kidul Siap Gelar PAW di Tahun 2025

Senin, 15 Jul 2024 - 13:35 WIB